Oleh: melanirahayuningsih | Agustus 16, 2011

ABSTRAK DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP PERGESERAN NILAI SOSIAL PADA MASYARAKAT DESA GIRIASIH, KECAMATAN BATUJAJAR, KABUPATEN BANDUNG BARAT

ABSTRAK

DAMPAK INDUSTRIALISASI TERHADAP PERGESERAN NILAI SOSIAL PADA MASYARAKAT DESA GIRIASIH, KECAMATAN BATUJAJAR, KABUPATEN BANDUNG BARAT

MELANI RAHAYUNINGSIH
0705739

Keadaan awal masyarakat yang berprofesi sebagai seorang petani saat ini telah berubah. Hal ini dikarenakan semakin sempitnya lahan pertanian dan banyak kaum muda yang tidak ingin bekerja sebagai seorang petani. Setelah pembangunan industri di desa banyak masyarakat yang beralih menjadi pekerja pabrik dan bidang jasa lainnya. Dengan adanya pergeseran sosial masyarakat yang tadinya bersifat agraris menjadi industri tentunya membawa pengaruh terhadap nilai-nilai sosial dalam masyarakat yang telah ada sebelumnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) faktor penyebab pergeseran nilai sosial pada masyarakat, (2) mengetahui dampak industrialisasi terhadap pergeseran nilai sosial pada masyarakat serta (3) mengetahui upaya yang dilakukan perangkat desa beserta masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan akibat dari industrialisasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa masuknya industri ke desa membawa dampak bagi pergeseran nilai sosial pada masyarakat terutama nilai kekeluargaan, nilai kebersamaan, dan nilai kerukunan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yaitu adanya peralihan masyarakat dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri, serta masuknya pendatang yang membawa nilai-nilai baru bagi masyarakat.
Dampak yang dirasakan masyarakat akibat dari industrialisasi terlihat dari terbukanya peluang usaha bagi masyarakat untuk bekerja sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat selain itu dampak negatifnya adalah munculnya sikap individualis dalam masyarakat akibat dari kesibukan masyarakat terhadap pekerjaan masing-masing. Upaya yang dilakukan aparat desa dan masyarakat untuk meminimalisir dampak tersebut dengan cara mengadakan pertemuan antar masyarakat untuk menjalin kerjasama serta menciptakan kehidupan yang harmonis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: