Oleh: melanirahayuningsih | Mei 22, 2011

Seorang Pendidik

Menjadi seorang pendidik atau seorang guru ternyata tak semudah yang dibayangkan. Terbukti selain harus menguasai materi, seorang pendidik atau guru harus mengerti akan psikologi siswa maka tak heran pada saat ini pendidikan kurang berhasil karena guru hanya memberikan tuntutan kepada siswa tanpa memperhatikan psikologi siswa tersebut.
Seorang guru yang baik harus mampu membuat siswa menjadi bersemangat belajar kembali. Terkadang pula saat pembelajaran di kelas tidak harus guru selalu memberikan materi namun mampu berdiolog dengan siswa tentang kesulitan yang dihadapi siswa tersebut. Hal ini dikarenakan pada dasarnya guru adalah orangtua bagi siswa di sekolah. Orang tua telah memberikan kepercayaan kepada pihak sekolah untuk mendidik anaknya karena orangtua pada saat sekarang terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga menyerahkan pendidikan bagi putra/putri nya kepada pihak sekolah.
Terlihat sekali perbedaan antara pendidik masa lalu dengan pendidik saat ini. Pada saat dahulu semua siswa menaruh rasa hormat kepada seorang guru serta mengenang jasa guru. Dan dapat dikatakan jarang sekali orangtua yang marah jika guru menghukum siswanya. Namun saat ini banyak orangtua yang tidak terima jika anaknya mendapatkan nilai rendah dan langsung menyalahkan seorang guru tanpa melihat bagaimana kemampuan siswa tersebu. Seharusnya orangtua bukan hanya menyalahkan satu pihak saja akan tetapi harus ada kerjasama antara orangtua dan guru dalam mendidik seorang anak.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang pendidik tidaklah mudah. Harus mampu mengarahkan seseorang dan merubah seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu.

Penulis
Melani Rahayuningsih
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan
UPI Bandung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: