Oleh: melanirahayuningsih | Oktober 26, 2010

Nilai Sosial

Banyak orang bertanya tentang perubahan. Kita tahu bahwa perubahan tidak bisa kita cegah, hal tersebut karena sebuah perubahan merupakan sebuah bentuk kemajuan ataupu kemunduran dalam diri ataupun masyarakat.
Ada seseorang yang mengatakan dia tidak ingin berubah namun saya berkata bahwa perubahan pasti akan anda rasakan langsung maupun tidak langsung. Salah satu perubahan dalam masyarakat adalah perubahan sosial.
Perubahan sosial tersebut akan berdampak pada pergeseran nilai sosial yang terjadi pada masyarakat.
Nilai sosial adalah sesuatu yang dianggap baik oleh sebagain masyarakat dan dipatuhi oleh masyarakat sebagai suatu yang bila dilanggar akan mendapatkan sanksi dari masyarakat.
Drs. Suparto mengemukakan bahwa nilai-nilai sosial memiliki fungsi umum dalam masyarakat. Di antaranya nilai-nilai dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertingkah laku. Selain itu, nilai sosial juga berfungsi sebagai penentu terakhir bagi manusia dalam memenuhi peranan-peranan sosial. Nilai sosial dapat memotivasi seseorang untuk mewujudkan harapan sesuai dengan peranannya. Contohnya ketika menghadapi konflik, biasanya keputusan akan diambil berdasarkan pertimbangan nilai sosial yang lebih tinggi. Nilai sosial juga berfungsi sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok masyarakat. Dengan nilai tertentu anggota kelompok akan merasa sebagai satu kesatuan. Nilai sosial juga berfungsi sebagai alat pengawas (kontrol) perilaku manusia dengan daya tekan dan daya mengikat tertentu agar orang berprilaku sesuai dengan nilai yang dianutnya.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa sebuah nilai sosial sudah ada dalam masyarakat sebagai sebuah sistem penilaian yang dianggap baik oleh masyarakat baik dalam hal berperilaku maupun bersikap di masyarakat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: